cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
AKSIOMA
ISSN : 20862725     EISSN : 25797646     DOI : -
Core Subject : Education,
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA" : 7 Documents clear
MOVIE AND COMPACT DISC SEBAGAI PAPERLESS LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP Lilik Ariyanto; Supandi Supandi; Widya Kusumaningsih
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v3i2.2092

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media e-learning berupa Movie and Compact Disc pembelajaran pada pelajaran matematika yang implementasinya dapat menumbuhkan keaktifan dan karakter siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu pada meningkatnya hasil belajar siswa dari sisi paedagogik, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan Thiagarajan, dimana pengembangannya hanya sampai analisis dan revisi dari uji validasi ahli. Media pembelajaran yang dikembangkan, hampir semua validator menyatakan bahwa media yang dikembangkan sudah baik, dapat digunakan dan dilanjutkan pada tahapan penelitian lanjutan dengan sedikit revisi dengan rata-rata hasil validasi yang diperoleh adalah untuk validasi movie pembelajaran dari tiga validator rata-ratanya 3.43; validasi CD pembelajaran rata-rata 3.3; validasi BPMP 3.03; dan validasi BPCDP diperoleh rata-ratanya 3.3 dari nilai maksimal 4.Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, movie.
PENERAPAN METODE BELAJAR KOOPERATIF TYPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN RINGAN-1 SMK NEGERI 5 SEMARANG DALAM MENYELESAIKAN TRIGONOMETRI Setu budiarjo
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v3i2.2090

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memberi pemecahan kesulitan yang dihadapi siswa kelas X TKR-1(Teknik Komputer Jaringan-1) SMK Negeri 5 Semarang dalam meyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan trigonometri, dengan menggunakan metode belajar kooperatif type Team Assisted Individualization. Sementara ini pembelajaran matematika di SMK yang sudah berjalan adalah dengan pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi (competency-based learning training) yang dikemas secara moduler, dengan harapan siswa dapat menyelesaikan materi pembelajaran sampai tuntas (mastery). Pembelajaran sebelum dilakukan penelitian menggunakan metode  belajar diskusi kelompok, dan pemberian tugas. Dengan menggunakan metode belajar diskusi kelompok dan pemberian tugas hasil belajar siswa kelas X TKJ-1 belum menunjukan hasil sesuai harapan, ini ditunjukan oleh hasil tes formatif pertama siswa yang tuntas 15 siswa atau 45,45% dari 33 siswa dan nilai rata-rata kelas 62,70.Hasil penelitian pada siklus 1, hasil belajar siswa meningkat ini ditunjukan oleh banyaknya siswa yang tuntas pada tes formatif kedua, ada 22 siswa dari 33 siswa atau 66.67% dan nilai rata-rata kelasnya 73,79. Pada siklus 2, hasil belajar siswa juga meningkat jika dibanding dengan hasil belajar siklus 1, ini di tunjukan oleh hasil belajar siswa pada tes formatif ketiga yang tuntas ada 27 siswa dari 33 siswa atau 81,82% dan nilai rata-rata kelasnya 75, 81. Pada siklus 3, hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yang signifikan jika dibanding dengan hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2, ini ditunjukan oleh hasil tes formatif keempat siswa yang tuntas ada 30 siswa dari 33 siswa atau 90,91% dan nilai rata-rata kelasnya 79,30. Kata Kunci: hasil belajar matematika, metode belajar kooperatif Type Team Assisted Individualization.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTU LKS PADA SISWA KWLAS X PRODUKSI GRAFIKA Eko Sri Windarti
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v3i2.2093

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran apakah Pembelajaran melalui Implementasi Model Kooperatif Tipe TAI Berbantu LKS dapat meningkatkan hasil belajar Trigonometri Pada Siswa Kelas X Produksi Grafika. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2010-2011. Fokus pembicaraan adalah kinerja guru, kinerja siswa, aktivitas siswa dalam diskusi kelompok melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu LKS dan hasil belajar siswa. Skenario dirancang dengan penelitian tindakan kelas 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan empat tahap (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Pada pengamatan akan dilihat kinerja guru, kinerja siswa, aktivitas siswa dalam diskusi kelompok, selanjutnya dilakukan refleksi untuk memperbaiki kegiatan pada siklus berikutnya. Data diperoleh melalui tes, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh ada peningkatan rata-rata kinerja guru 2,65 (kriteria Baik) menjadi rata-rata kinerja guru 3,25 (kriteria Baik), skor rata-rata kinerja siswa 2,1 (Cukup Baik) menjadi skor rata-rata 3,3 (Sangat Baik), dan adanya peningkatan hasil belajar dari KKM 75 tuntas 33,39% dengan nilai rata-rata 65,3 menjadi KKM 75 tuntas 78,79% dengan nilai rata-rata 80,61. Simpulan dalam penelitian ini adalah ada Peningkatan Hasil Belajar Trigonometri Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantu LKS Pada Siswa Kelas X Produksi Grafika.Kata Kunci : Kooperatif, TAI, Trigonometri
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HUMANISTIK DAN KONSTRUKTIVISME DENGAN PENDEKATAN SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) BERBANTU CD INTERAKTIF MATERI SEGI EMPAT KELAS VII Dina Prasetyowati
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v3i2.2086

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran yang valid dan implementasi uji coba lapangan menggunakan pembelajaran matematika berbasis humanistic dan konstruktivisme dengan pendekatan SAVI berbantu CD Interaktif materi segi empat praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi model Thiagarajan 4-D. penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jakenan dengan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas control. Cara pengambilan data dengan observasi dan tes prestasi belajar. Olah data dengan uji banding 1 dan uji pengaruh regresi. Hasil penelitian menunjukan: 1) perangka yang di kembangkan  valid dan dapat digunakan menurut validator; 2) respon pesrta didik dan hasil keterlaksanaan pembelajaran tergolong positif atau baik; 3) nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen adalah 81,28 yang melebihi batas KKM 70; 4) sebesar 87% prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh aktivitas dan motivasi; dan 5) rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen sebesar 81,3 lebih baik dari pada kelas control hanya 68,4. Berdasarkan hasil perangkat valid dan pembelajaran praktis dan efektif tersebut di atas maka pengembangan perangkat pembelajaran mencapai hasil yang diinginkan.Kata kunci: Pengembangan Perangkat, Humanistik, Konstruktivisme, SAVI, CD Interaktif
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK SEGIEMPATDITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERA DIDIK SMP NEGERI KABUPATEN BLORA Rizky Esti Utami
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v3i2.2089

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manakah pembelajaran yang menberikan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, STAD, atau Konvensional. 2) manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik. 3) pada masing-masing katagori gaya belajar, manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, STAD atau konvensional. 4) pada masing-masing jenis model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, peserta didik yang memiliki gaya belajar visual, auditorial atau kinestatik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah, 1) pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  memberikan prestasi belajar sama baik dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional. 2) prestasi belajar peserta didik yang mempunyai gaya belajar visual lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik yang mempunyai gaya belajar auditorial maupun kinestetik, dan prestasi belajar peserta didik yang mempunyai gaya  belajar auditorial sama baik dengan prestasi belajar peserta didik yang mempunyai gaya belajar kinestetik. Kata kunci : Gaya Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, STAD, Konvensional.
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SEKABUPATEN GROBOGAN Dhian Endahwuri
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v3i2.2088

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) Penggunaan pembelajaran tipe TAI menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS; (2) Siswa yang mempunyai keaktifan tinggi menghasilkan prestasi yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai keaktifan sedang dan rendah, dan siswa yang mempunyai keaktifan sedang menghasilkan prestasi yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai keaktifan rendah. Berdasarkan uji hipoteris diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Metode pembelajaran kooperatif tipe TAI menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi bangun ruang (Fa = 9.064 dengan Ftabel = 3.882 ). (2) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki keaktifan belajar tinggi lebih baik  daripada siswa yang mempunyai keaktifan belajar yang sedang dan rendah, dan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki keaktifan belajar sedang lebih baik daripada siswa yang mempunyai keaktifan belajar rendah. (Fb = 53.298 dengan Ftabel = 3.034). (3) Metode pembelajaran kooperatif tipe TAI menghasilkan prestasi belajar lebih baik dibandingkan metode pembelajaran tipe TPS  pada siswa dengan keaktifan belajar tinggi, sedang dan rendah (Fab = 0.739 dengan Ftabel = 3.034).Kata kunci : Teams Assisted Individualization, Think Pair Share, Keaktifan Siswa
MEIIINGKATKAN EASIL BILAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 SEMARANG MELALIII IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RME BERBANTUAN ALAT. PERAGA DAN LKS PADA POKOK BAIIASAN BANGUN RUANG SISI DATAR Soejono Soejono
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v3i2.2091

Abstract

Ttjun da, i penelirian irli adalah ntuk neryetal i peningkatai hasil belajat siswaielat ytu sernestet genq SMP Neseri 4 Semorug ta|run qjarun 2010/2011 pada pokokbahdan bmgm ruary siri datar neiahi ir,,plenentasi noAel penbelajarun RME berbantuonalat p*aga dan LKS Penelitian ini dilakakdl sdana bdan Apil 2011. Sedangkn tenpotpenelitian di SW Neeeri 1 Senar@s, Subyek dalom penelitian ini adalah sieo kelos VIIIsenrestq senq Taho, Ajardn 2010nU I.Mdode yong dipralen dalan penelitian ini nenggnakan netode Penelifn tTindakan Xelas. findalen sebary'ok dua kali dalan d& siuus. n'nda*on pertsrna mirnerapkanwxlel Penbelajaran RME tarya b?rbanhan alat peruga dan LKS, dan tindokan ked&neneropkan nodzl pembelajarun RME berba tua alat pelaga da LKS yary dilary\lttundergan pesentasi kelonpok Talawrn tiap sikhr terdii dari : Senap siuus ada 4 (enpat)tahq, laitu (1) perewaaaaa e) pelaksanaan ata! inqlementasi, (3) pensanaton atauobsevasi, dan 6) nseJle*.sikan nnda*an. Hasil Fenelinm yrng dicapat atulah adaiyapening*atah has bewd siswa dalan *egiatan belqjar neryajar n"lahi inplenentati odelpen belojarun RLIE dengan berbarrtuan alat peraga dan LKS po*ot bahasan hangn ruongsisi datar pada siswa *dos fm SMP Negai 4 Senarun&Kata kunci : Modd PadbdnJofl, RME, Btngun Raang Siti D.lot, Ald Percga

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 3 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 3 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2018): AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA Vol 5, No 2/september (2014): aksioma Vol 5, No 2/septembe (2014): aksioma Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 4, No 2/Septembe (2013): AKSIOMA Vol 4, No 2/September (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 2, No 2/Septembe (2011): AKSIOMA Vol 2, No 2/September (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 1, No 2/September (2010): AKSIOMA Vol 1, No 2/Septembe (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA More Issue